16 Jan 2013

Sekarang Era Internet Marketing

4:17 PM

Kemajuan teknologi informasi membuat informasi semakin cepat dan mudah diperoleh. Internet merupakan sumber informasi yang paling banyak digunakan oleh perusahaan, karena internet dapat menjangkau semua wilayah, potensial dan cepat untuk menyampaikan berbagai informasi secara universal, berkualitas, dan hampir tidak memerlukan cost.
Lalu apa peran Internet dalam dunia pemasaran (marketing)? Internet merubah beberapa elemen traditional marketing mix. Marketing mix melalui internet mengubah fokus dari yang sebelumnya hanya berfokus pada pandangan produsen menjadi situasi yang lebih interaktif melibatkan konsumen. Adanya internet marketing juga membawa beberapa keuntungan dalam bisnis suatu perusahaan, antara lain: kesempatan produk/jasa mereka dikenal seluruh dunia, pelanggan mendapat kesempatan untuk memutuskan apa yang mereka inginkan, dimana, dan kapan saja, menambah kemampuan perusahaan untuk mengidentifikasi pergantian produk dan tren pelanggan serta untuk mengetes nilai usulan atau tanggapan yang baru.
Paradigma baru pemasaran dikarakteristikkan sebagai pergantian aktivitas dari model komunikasi konvensional One-to-Many menjadi model komunikasi Many-to-Many. Pada model One-to-Many, perusahaan tunggal berusaha merebut perhatian banyak konsumen melalui cara tradisional dan media massa non-interaktif (non-interactive mass media) seperti TV dan surat kabar. Pada model Many-to-Many, informasi tidak mudah dikirim dari pengirim kepada penerima tetapi dimediasi oleh lingkungan yang dibentuk dari partisipasi dan harapan. Oleh karena itu, konsumen dapat berinteraksi dengan media komunikasi dan memberikan kontribusi pada isi komersial Kompetisi bisnis saat ini dalam usaha penciptaan nilai konsumen terdiri dari 2 (dua) macam dunia strategi pemasaran, yaitu pasar fisik (marketplace) dan pasar maya/virtual (marketspace).
Menggunakan internet memperbaiki keefektifan operasional yang tidak memberikan keunggulan kompetitif (competitive advantage). Competitive advantage di internet cenderung menjadi singkat karena pesaing mudah memonitor. Paradigma baru pemasaran dibangun berdasarkan 7 (tujuh) dimensi yang membedakan traditional marketing dan internet marketing, yaitu perspektif waktu (time perspective), fungsi pemasaran pendominasi (dominating marketing function), cara komunikasi (communication mode), penciptaan nilai (value creation), dasar kompetisi (competition base), kondisi pasar (market nature), dan pemikiran ekonomi (economic thinking)

Written by

Bukan seorang pakar ataupun praktisi profesional, hanya ingin berbagai atas esensi realita perjalanan dan mimpi yang terlihat tak bertepi.

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2014 Dipzt. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top